Senin, 23 November 2015

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Yang Paling Efektif

Mungkin hampir semua orang pernah mengalami hidung tersumbat. Entah ini bayi yang masih kecil sampai orang tua. Ada banyak sekali penyebab terjadinya hidung tersumbat. Biasanya ada yang kedua hidungnya tersumbat atau hanya salah satu saja. Ada beberapa penyebab dari hidung tersumbat antara lain alergi, sinusitis, flu dan masih banyak lainnya. Jika mengalami hidung tersumbat memang sangat menyiksa. Apalagi jika terjadi pada malam hari, ini akan membuat anda sudah tidur. Tapi anda tak perlu khawatir, pada kesempatan ini saya akan memberikan cara mengatasi hidung tersumbat dengan cara yang mudah dan alami. 

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Terapi Uap

Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan terapi uap. Uap akan membantu melegakan hidung anda. Cara mengatasi hidung tersumbat ini sangatlah mudah. Anda bisa menaruh air panas di dalam baskom. Kemudian tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih. Selain menggunakan minyak kayu putih, anda bisa menggunakan aroma terapi lainnya. Bisa chamomile, pepermint, minyak pinus dan lain sebagainya. Setelah itu letakkan hidung anda di atas baskom dan hirup uap yang keluar. Dengan begitu hidung anda akan merasa lebih lega. Kalau perlu letakan handuk di atas kepala, ini akan membantu uap akan tetap hangat dan masuk ke dalam hidung anda.

Makan Sesuatu Yang Pedas

Cara mengatasi hidung tersumbat selanjutnya adalah dengan makan sesuatu yang pedas dan hangat. Cara ini sangat efektif membuat hidung tersumbat menjadi lebih enak. Anda bisa makan minuman hangat dan pedas seperti wedang jahe atau makanan yang pedas seperti bakso, sup ayam pedas dan lain sebagainya. Rasa pedas yang panas akan membantu hidung anda menjadi terangsang dan membuat lendir di dalam hidung lebih encer. 

Jika ketika hidung tersumbat anda semakin susah bernapas, anda bisa tidur setengah duduk. Taruh beberapa bantal tinggi di leher anda dan berbaringlah. Ini akan membantu pernapasan anda lebih lancar dan hidung tersumbat sedikit dapat teratasi. Selain itu anda juga bisa meletakan handuk hangat di hidung atau menghirup inhaler. Beberapa cara ini juga sangat efektif melegakan hidung yang tersumbat. Itulah beberapa cara mengatasi hidung tersumbat secara alami yang bisa anda lakukan.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Yang Paling Efektif Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Azolla Corp